• Breaking News

    belajar dan berbagi

    Connect With Us

    Thursday, March 31, 2011

    membuat program penjualan dengan visual basic 6.0 (tutorial – bagian 4 – perancangan form data master barang Bagian 2)

    Mau bayar utang nih. Setelah lama tertunda karena kesibukan menjelang lebaran kemarin, sekarang saya akan melanjutkan tutorial Pembuatan Program Penjualan Dengan Visual Basic 6.0. Maaf sudah lama menunggu dan terima kasih karena masih mau menunggu.smile_teeth Pada tutorial sekarang, kita akan coba dulu menampilkan form Data Master Barang yang sudah kita buatkan desain formnya pada tutorial sebelumnya.


    24 - Form Barang 1
    Yup! Itulah desain form Data Master Barang yang sudah kita buat. Dan seharusnya, tahap berikutnya adalah penulisan kode program / script. Tapi rupanya ada yang mesti kita ubah dahulu, karena ada sesuatu yang janggal di situ. Ada yang tahu? Yup, benar sekali. Coba perhatikan ada berapa kotak isian, dan ada berapa pula field pada tabel yang berada di bawah deretan tombol yang ada? Terlihat kan, bahwa ternyata ada satu kotak isian lagi yang tertinggal, yaitu kotak isian “Harga”, padahal pada tabel di bawahnya, jelas terlihat ada field Harga. Lagipula program penjualan kan memang mestinya ada komponen harga, hehe.

    Jadi sekarang, untuk mengubahnya, perluas dulu form tersebut, agar tersedia ruang yang cukup untuk kita nantinya menempatkan kolom harga.
    25 - Form Barang 2
    Setelah itu, pilihlah seluruh kontrol, mulai dari cmdTambah, cmdEdit, cmdBatal, cmdHapus, cmdSelesai, sampai dbgBarang.
    26 - Form Barang 3
    Setelah terpilih semua, geserlah seluruh kontrol tersebut ke bawah, dan atur agar tersisa ruang kosong di bawah kolom Nama Barang, yang cukup untuk ditempatkan satu kotak isian lagi yang tingginya kira-kira sama.
    27 - Form Barang 4
    Setelah itu, Anda dapat menambahkan sebuah kontrol label, sebagai penunjuk untuk kotak isian Harga nantinya. Kliklah icon Label (Icon Label ) pada toolbox, lalu “lukislah” pada form, dan ubah propertinya menjadi seperti berikut:
    No.Nama PropertiNilai AwalUbah Menjadi
    1.AutoSizeFalseTrue
    2.BackStyle1 – Opaque0 – Transparent
    3.CaptionLabel3Harga

    Tampilannya akan seperti ini:
    29 - Form Barang 6

    Nah, untuk kotak isian-nya, kita tidak akan menggunakan kontrol textbox biasa, melainkan akan menggunakan kontrol Masked Edit. Dan karena secara default VB6 belum menyertakannya dalam toolbox yang ada, maka kita harus menambahkannya. Caranya sama seperti saat kita menambahkan kontrol Data Bound Grid, yaitu dengan mengklik menu Project, kemudian memilih submenu Components.
    01 - Menubar VB
    07 - Sub Menu Project (tambah Component)
    Dan, pada daftar komponen yang ada, carilah Microsoft Masked Edit Control 6.0, lalu isikan checkbox-nya, dan klik tombol OK.
    31 - Masked Edit Control
    Setelah itu, pada toolbox akan ada icon tambahan, yaitu (Icon MaskEdit ). Nah, klik-lah icon tersebut, dan lukislah pada form, seperti di bawah ini:
    32 - Form Barang 8

    Kemudian ubah properti-propertinya seperti di bawah ini:
    No.Nama PropertiNilai AwalUbah Menjadi
    1.NameMaskEdBox1meHarga
    2.Format(kosong)#,##0

    Penjelasan sedikit: format pada MaskEditBox ini, berguna agar tiap kali user mengetikkan angka atau jumlah atau harga, maka begitu ia memindahkan kursornya dari kotak isian tersebut, nilai yang ada akan terformat sesuai dengan format angka. Dengan textbox biasa, hal tersebut tidak bisa dilakukan. Makanya saya pakai MaskEditBox. smile_teeth

    Setelah itu, rapikan form-nya. Maksudnya, jika masih ada ruang kosong tersisa di bawah kolom Harga, maka sebaiknya pilih lagi kontrol cmdTambah, cmdEdit, cmdBatal, cmdHapus, cmdSelesai dan dbgBarang, lalu drag / pindahkan / geser sehingga letaknya menjadi lebih rapi.
    33 - Form Barang 9
    Masih ada satu lagi yang harus kita tambahkan, yaitu sebuah label, yang berguna sebagai keterangan bagi user nantinya. Label tersebut akan terletak tepat di atas DataBoundGrid dbgBarang, dan bertuliskan “Double-Click Pada Baris Untuk Memilih Data”. Maksudnya, jika nanti user ingin memilih data yang sudah ada, baik untuk di-edit maupun untuk dihapus, maka ia harus men-double-click pada tiap baris data yang ia ingin proses.

    Jadi sekarang, perluas dulu area form Data Master Barang ini, kemudian geser dbgBarang ke bawah, untuk memberikan tempat bagi sebuah label di atasnya.
    32a - Form Barang 8a

    Setelah itu tambahkan sebuah kontrol label, dan “lukislah” pada bagian form kosong yang berada tepat di atas kontrol dbgBarang, seperti di bawah ini.
    32b - Form Barang 8b
    Setelah itu, ubah properti dari label tersebut, seperti di bawah ini:
    No.Nama PropertiNilai AwalUbah Menjadi
    1.Alignment0 – Left Justify2 – Center
    2.BackStyle1 – Opaque0 – Transparent
    3.Caption(kosong)Double-Clik Pada Baris Untuk Memilih Data
    4.FontMS Sans Serif, Regular, 11 ptArial, Bold, 11 pt

    Tampilan form setelah perubahan properti tersebut akan menjadi kira-kira seperti di bawah ini:
    32c - Form Barang 8c
    Jangan lupa untuk menyimpan dulu perubahan yang telah kita buat ini. Dan, selanjutnya adalah proses penulisan kode program untuk form Data Master Barang ini. Tapi sepertinya itu di tutorial selanjutnya aja ya

    No comments:

    Post a Comment

    Fashion

    Beauty

    Travel